stop global warming (ubm-ers read!)

View previous topic View next topic Go down

stop global warming (ubm-ers read!)

Post by ASHIVA on Thu May 29, 2008 8:17 am

Mungkin Anda menduga, udara yang akhir-akhir ini makin panas, bukanlah suatu
masalah yang perlu kita risaukan.

"Mana mungkin sih tindakan satu-dua makhluk hidup di jagat semesta bisa
mengganggu kondisi planet bumi yang mahabesar ini?" barangkali begitulah
Anda berpikir.

Baru-baru ini, Inter-governmental Panel on Cimate Change (IPCC)
memublikasikan hasil pengamatan ilmuwan dari berbagai negara. Isinya sangat
mengejutkan. Selama tahun 1990-2005, ternyata telah terjadi peningkatan suhu
merata di seluruh bagian bumi, antara 0,15 - 0,3o C. Jika peningkatan suhu
itu terus berlanjut, diperkirakan pada tahun 2040 (33 tahun dari sekarang)
lapisan es di kutub-kutub bumi akan habis meleleh. Dan jika bumi masih terus
memanas, pada tahun 2050 akan terjadi kekurangan air tawar, sehingga
kelaparan pun akan meluas di seantero jagat. Udara akan sangat panas, jutaan
orang berebut air dan makanan. Napas tersengal oleh asap dan debu.
Rumah-rumah di pesisir terendam air laut. Luapan air laut makin lama makin
luas, sehingga akhirnya menelan seluruh pulau. Harta benda akan lenyap,
begitu pula nyawa manusia.

Di Indonesia, gejala serupa sudah terjadi. Sepanjang tahun 1980-2002, suhu
minimum kota Polonia (Sumatera Utara) meningkat 0,17o C per tahun.
Sementara, Denpasar mengalami peningkatan suhu maksimum hingga 0,87 o C per
tahun. Tanda yang kasatmata adalah menghilangnya salju yang dulu menyelimuti
satu-satunya tempat bersalju di Indonesia , yaitu Gunung Jayawijaya di
Papua.

Hasil studi yang dilakukan ilmuwan di Pusat Pengembangan Kawasan Pesisir dan
Laut, Institut Teknologi Bandung (2007), pun tak kalah men geri kan .
Ternyata, permukaan air laut Teluk Jakarta meningkat setinggi 0,8 cm. Jika
suhu bumi terus meningkat, maka diperkirakan, pada tahun 2050 daerah -daerah
di Jakarta (seperti : Kosambi, Penjaringan, dan Cilincing) dan Bekasi
(seperti : Muaragembong, Babelan, dan Tarumajaya) akan terendam semuanya.

Dengan adanya gejala ini, sebagai warga negara kepulauan, sudah seharusnya
kita khawatir. Pasalnya, pemanasan global mengancam kedaulatan negara. Es
yang meleleh di kutub-kutub mengalir ke laut lepas dan menyebabkan permukaan
laut bumi - termasuk laut di seputar Indonesia - terus meningkat.
Pulau-pulau kecil terluar kita bisa lenyap dari peta bumi, sehingga garis
kedaulatan negara bisa menyusut. Dan diperkirakan dalam 30 tahun mendatang
sekitar 2.000 pulau di Indonesia akan tenggelam. Bukan hanya itu, jutaan
orang yang tinggal di pesisir pulau kecil pun akan kehilangan tempat
tinggal. Begitu pula asset-asset usaha wisata pantai.

Peneliti senior dari Center for International Forestry Research (CIFOR),
menjelaskan, pemanasan global adalah kejadian terperangkapnya radiasi
gelombang panjang matahari (disebut juga gelombang panas / inframerah) yang
dipancarkan bumi oleh gas-gas rumah kaca (efek rumah kaca adalah istilah
untuk panas yang terperangkap di dalam atmosfer bumi dan tidak bisa
menyebar). Gas-gas ini secara alami terdapat di udara (atmosfer). Penipisan
lapisan ozon juga memperpanas suhu bumi. Karena, makin tipis lapisan lapisan
teratas atmosfer, makin leluasa radiasi gelombang pendek matahari (termasuk
ultraviolet) memasuki bumi. Pada gilirannya, radiasi gelombang pendek ini
juga berubah menjadi gelombang panas, sehingga kian meningkatkan konsentrasi
gas rumah kaca tadi.

Karbondioksida (CO2) adalah gas terbanyak (75%) penyumbang emisi gas rumah
kaca. Setiap kali kita menggunakan bahan bakar fosil (minyak, bensin, gas
alam, batubara) untuk keperluan rumah tangga, mobil, pabrik, ataupun
membakar hutan, otomatis kita melepaskan CO2 ke udara. Gas lain yang juga
masuk peringkat atas adalah metan (CH4,18%), ozone (O3,12%), dan
clorofluorocarbon (CFC,14%). Gas metan banyak dihasilkan dari proses
pembusukan materi organic seperti yang banyak terjadi di peternakan sapi.
Gas metan juga dihasilkan dari penggunaan BBM untuk kendaraan. Sementara
itu, emisi gas CFC banyak timbul dari sistem kerja kulkas dan AC model lama.
Bersama gas-gas lain, uap air ikut meningkatkan suhu rumah kaca.

Gejala sangat kentara dari pemanasan global adalah berubahnya iklim.
Contohnya, hujan deras masih sering datang, meski kini kita sudah memasuki
bulan yang seharusnya sudah terhitung musim kemarau. Menurut perkiraan,
dalam 30 tahun terakhir, pergantian musim kemarau ke musim hujan terus
bergeser, dan kini jaraknya berselisih nyaris sebulan dari normal. Banyak
orang menganggap, banjir besar bulan Februari lalu yang merendam lebih dari
separuh DKI Jakarta adalah akibat dari pemanasan global saja. Padahal 35%
rusaknya hutan kota dan hutan di Puncak adalah penyebab makin panasnya udara
Jakarta . Itu sebabnya, kerusakan hutan di Indonesia bukan hanya menjadi
masalah warga Indonesia , melainkan juga warga dunia. Direktur Eksekutif
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), mengatakan, Indonesia pantas malu
karena telah menjadi Negara terbesar ke-3 di dunia sebagai penyumbang gas
rumah kaca dari kebakaran hutan dan pembakaran lahan gambut (yang diubah
menjadi
permukiman atau hutan industri). Jika kita tidak bisa menyelamatkan mulai
dari sekarang, 5 tahun lagi hutan di Sumatera akan habis, 10 tahun lagi
hutan Kalimantan yang habis, 15 tahun lagi hutan di seluruh Indonesia tak
tersisa. Di saat itu, anak-anak kita tak lagi bisa menghirup udara bersih.

Jika kita tidak secepatnya berhenti boros energi, bumi akan sepanas planet
Mars. Tak akan ada satupun makhluk hidup yang bisa bertahan, termasuk
anak-anak kita nanti.

Cara-cara praktis dan sederhana 'mendinginkan' bumi :

1. Matikan listrik.
(jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan
standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak. Meski listrik tak
mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker
fosil penyumbang besar emisi).
2. Ganti bohlam lampu (ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya
agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet).
3. Bersihkan lampu (debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%).
4. Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur
suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C).
5. Gunakan timer (untuk AC, microwave, oven, magicjar, dll).
6. Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.
7. Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda.
8. Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang
memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.
9. Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi po lusi udara).
10. Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).
11. Say no to plastic. Hampir semua sampah plastic menghasilkan gas
berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapat membantu mengumpulkannya
untuk didaur ulang kembali.
12. Sebarkan berita ini kepada orang-orang di sekitar Anda, agar mereka
turut berperan serta dalam menyelamatkan.

ASHIVA
Junior Member
Junior Member

Male
Number of posts : 381
Age : 28
Location : tempat bwat merenung.

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by Gurenjou on Thu May 29, 2008 8:23 am

Thx buat infonya.

_________________
..........................

Gurenjou
G.O.D
G.O.D

Male
Number of posts : 234
Age : 27
Location : PaDeMaNgaN'zZ YoOo....

View user profile http://ubmlounge.forumotion.com

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by cucu on Fri Jun 06, 2008 5:22 pm

cucah jeff kite2 sbg manusia udah biasa melakukan hal2 yang u blg di 12nomer itu, apalagi teknologi makin canggih makin butuh listrik tp skr makin canggih kok pake tenaga matahari bwt charger jd kg pk listrik, hehe Tersipu

cucu
Rookie
Rookie

Female
Number of posts : 181
Age : 27
Location : Duck Swamp

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by ASHIVA on Sat Jun 07, 2008 9:06 am

yah di mulai dari diri sendiri aj sh...

miss: klo u blanja di alfa bawah.

gak usah mita plastik lah.

kan deket inih..

ASHIVA
Junior Member
Junior Member

Male
Number of posts : 381
Age : 28
Location : tempat bwat merenung.

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by cucu on Mon Jun 09, 2008 1:48 pm

Oh...iy jg tp kan kalo bli byk mau ga mau pk plastik d.
Info baru slain global warming di Sulawesi udah ujan debu, ck ck ck, maren tu bandung ujan es skr debu...gawat d. Bingung

cucu
Rookie
Rookie

Female
Number of posts : 181
Age : 27
Location : Duck Swamp

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by Fujiyama on Mon Jun 09, 2008 4:02 pm

ayo2 bikin aja video tentang Global warming kan udah banyak tuh film2 tentang akibat dari rusaknya alam kaya the day after tomorow
nah kita2 bikin deh versi anak UBMnya hehe Cool

Fujiyama
Beginner
Beginner

Number of posts : 54
Age : 29

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by phiez on Tue Jun 10, 2008 11:12 am

kadang bnyk bgt yg kirim STOP GLOBAL WARMING yg dari hp ke hp.. yg kseh tips stop global warming yg bisa dilakukan di kegiatan sehari-hari...
tapi.. apa lo smua uda ngelakuin ne?????

phiez
Newbie
Newbie

Female
Number of posts : 45
Age : 27
Location : HeLL-in_HeaveN

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by su_li_xi on Fri Jun 13, 2008 12:59 pm

Riang duh aku isa bantu pake apa yaw..
bantu dengan doa aja de semoga banyak yang sadar...
Tobat

su_li_xi
Rookie
Rookie

Female
Number of posts : 174
Age : 29
Location : Under The SKY!?

View user profile http://www.geocities.com/su_li_xi

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by ASHIVA on Fri Jun 13, 2008 8:55 pm

jgn cman doa doank...

kurangin pake tissue

klo lg di hum,

trus klo mao pegi2 jarak deket naek speda ajeh

yah hal2 simple macem gitu lah

ASHIVA
Junior Member
Junior Member

Male
Number of posts : 381
Age : 28
Location : tempat bwat merenung.

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by juliana_89 on Wed Jun 18, 2008 12:35 pm

Menurut gue, kalo mau ngurangin dampak global warming, kurangin aja makan kacang2an, dampaknya bisa membuat global warming lho. Apalagi kalau ada yang suka makan kacang merah, bisa sering kentut. Tau gak kentut itu penyebab global warming karena ulah biologis manusia, hehehehehe.

juliana_89
Rookie
Rookie

Female
Number of posts : 211
Age : 27
Location : Kelapa Gading

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by ASHIVA on Fri Jun 20, 2008 4:15 pm

^
^
junk?!

yah ... pikir alternatifnya kek.....

ASHIVA
Junior Member
Junior Member

Male
Number of posts : 381
Age : 28
Location : tempat bwat merenung.

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by Fidelia on Sat Jul 05, 2008 9:40 pm

kalo mao ngurang2in global warming

1 aja yang paling susah tuh diilanginnya di Indonesia

buang sampahnya ngasal bangeet

dikit2 buang sampah, liat kali nganggur, dicemplungin tuh sampah.

aiyayayayayay...

ma jangan beli apa2 trus minta plastik banyak2.

ow ya @ KANG JEFTA

ini sodara gw baru balikin avatarnya

swt gwede2 dah, gw lbur baru dibalikin

sori ya JEf

Tunggu sampe liburan slese, jangan2 lo dah beli tuh avatar lage??

Fidelia
Newbie
Newbie

Number of posts : 36
Age : 27

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by ASHIVA on Mon Jul 07, 2008 5:44 pm

^
^
blom lah an..

kan g nungguin avatar dari u (pelit mode ON)
jadi gak usah beli2 dvd lg..

mehehehe

ASHIVA
Junior Member
Junior Member

Male
Number of posts : 381
Age : 28
Location : tempat bwat merenung.

View user profile

Back to top Go down

Re: stop global warming (ubm-ers read!)

Post by Sponsored content Today at 10:54 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum